Cinta dan Persahabatan

Cinta dan Persahabatan

Pagi hari tadi saya dihubungi oleh salah seorang gadis yang sudah lama tidak menghubungi saya. Gadis ini adalah salah satu junior saya sewaktu di SMA dulu. Ia kini beranjak sebagai wanita dewasa yang mulai merasakan ketertarikan terhadap seorang pria disekitarnya. “Kak, aku mau cerita … L “ seperti itu ia mengawali percakapan pagi tadi. “Mau cerita apa sayang?” balasan saya dengan ramah menjawab keluh kesahnya.

Singkat cerita ia lalu menyebutkan tema dari apa yang mau dia sampaikan kepada saya yaitu “Cinta dan Persahabatan. Oke, sebagai dewa cinta saya harus selalu siap mendengar keluh kesah orang-orang yang membutuhkan. Ya, memang mungkin saya bukan orang yang terlalu bijak untuk bisa memberikan solusi jitu bagi banyak orang. Namun setidaknya dengan kesediaan saya mendengarkan apa yang ingin diceritakan para sahabat saya, itu bisa sedikit meringankan beban mereka yang sedang memiliki masalah. Inilah cara saya berbagi cinta bagi dunia sekitar dalam kehidupan saya.

Kembali kepada topik kita saat ini yaitu Cinta dan Persahabatan …

“Aku ada masalah dengan sahabat kak ..” kata Rani, gadis yang saya telah ceritakan sebelumnya. Ia menceritakan bahwa saat ini ia memiliki seorang sahabat yang begitu dekat dengannya, namanya Runi. Rani dan Runi seperti sepasang kembar yang bersinar di kampus mereka. Mereka sangat dekat dan selalu menjalani aktivitas bersama. Beberapa hari yang lalu ia bermasalah dengan sahabatnya. Penasaran sama masalahnya?? Tetap ikuti barisan teks di bawah ini…

Rani memiliki kelompok dalam diskusi sebuah mata kuliah. Kelompok tersebut beranggotakan 6 orang diantaranya, Fathoni, Ajeng, Novi, Zulham, Ari, Radit. Hubungan mereka sangat dekat satu dengan yang lainnya. Kebersamaan mereka memudahkan mereka dalam menyelesaikan segala persoalan dan beratnya perkuliahan.

Singkat cerita, Rani memiliki ketertarikan khusus terhadap Radit dan begitu juga sebaliknya. Entah itu cuma asumsi Rani saja atau mungkin memang begitu kenyataannya. Nah, Anda pasti bertanya-tanya tentang hal ini. Lalu apa hubungannya dengan Runi yang adalah sahabatnya Rani?

Sebelumnya Runi juga memiliki ketertarikan terhadap seorang pria. Namun beberapa hari ini karena seringnya mereka melalui waktu bersama, Rani melihat ada ketertarikan istimewa dari Runi terhadap Radit. Sebenarnya Rani berniat untuk bercerita kepada Runi tentang rasa tertariknya kepada Radit, tapi sebelum ia sempat mengutarakan perasaannya kepada sahabatnya tersebut lalu tiba-tiba Runi mengungkapkan bahwa ia menyukai Radit. Dengan perasaan yang sedikit kaget dan tidak percaya, Rani mengurungkan niatnya untuk bercerita dan berusaha untuk mengalah demi kebahagiaan sahabatnya.

Beberapa hari selanjutnya terjadi suatu kejadian yang membuat Runi menghampiri Rani lalu menangis di hadapannya. “Radit suka kamu Ran …” kata Runi sambil menangis. Rani terkejut mendengar hal itu, terlebih karena saat itu juga ia mengetahui bahwa ternyata teman kelompoknya yang bernama Zulham juga menyukai dirinya. Rani seolah tidak mampu berbuat apa-apa terhadap kondisi ini. Ia hanya bisa terdiam dan sedikit merasa bersalah. Ia ingin mempertahankan rasa sayangnya terhadap Radit, namun ia juga tidak ingin melihat kesedihan di wajah sahabatnya.

Bagaimana menurut Anda? Apakah mundur dan berusaha membohongi perasaan merupakan solusi yang tepat dalam hal ini?

Begini jawaban saya…

Kebahagiaan itu sebenarnya sangat sederhana. Bahagia adalah ketika kita mampu membuat diri kita bahagia untuk dapat membagikan banyak kebahagiaan kepada orang-orang disekeliling kita. Sehingga pada akhirnya kehidupan akan dipenuhi oleh bahagia dan tidak memiliki cukup ruang untuk kesedihan dan tetesan air mata.

Menurut saya persahabatan merupakan salah satu hasil dari tindakan berbagi kebahagiaan. Sedangkan Cinta merupakan dasar dari suatu hubungan. Persahabatan sendiri tidak akan terjalin ketika tidak ada cinta yang mempengaruhi untuk saling menjalin kedekatan satu sama lain. Dalam hal ini sepertinya Cinta dan Persahabatan memiliki hubungan yang begitu dekat. Karena itu banyak permasalahan yang mungkin timbul karena kedekatan kedua hal ini. Ada yang semula bersahabat lalu menjalin cinta sebagai sepasang kekasih, ada yang saling mengalah untuk cinta yang dimiliki sahabatnya, bahkan ada pula yang mengubah persahabatan menjadi permusuhan di masa yang akan datang.

Cinta dan Persahabatan mana yang lebih penting?

Keduanya PENTING!!!

Ketika kita mampu memahami makna yang tersembunyi dibalik keduanya, kita akan sadar bahwa tidak ada yang harus dihilangkan dari keduanya. Ya, mungkin bersikap mengalah demi cinta sahabat kita memang terkesan bijak. Namun, cukup bijakkah Anda ketika harus membongi perasaan Anda sendiri? Tentu saja TIDAK. Anda harus memahami bahwa antara cinta dan persahabatan memiliki hubungan yang begitu dekat. Artinya Anda harus mampu menyelaraskan kondisi keduanya. Saya yakin sahabat Anda pun tidak akan lebih bahagia ketika ia mampu mendapatkan cintanya karena tindakan mengalah Anda. Ia pasti akan merasa sangat bersalah membuat Anda berada di posisi yang salah. Memang dibutuhkan kedewasaan dan pikiran yang jernih untuk mengatasi hal ini.

Akan lebih baik jika Anda tetap mempertahankan persahabatan Anda dan mengajak sahabat Anda berjalan maju bersama untuk melalui proses ini. Toh, pada akhirnya Cinta akan berpihak pada orang yang tepat. Waktu akan segera menjelaskan seberapa besar Cinta yang layak untuk Anda. Pasangan yang semula mengaku mencintai Anda juga akan berusaha untuk membuktikan seberapa besar cinta yang dimilikinya.

Demikian yang bisa saya bagikan kepada Anda. Ditunggu komentar dan sharing pengalamannya yah J  


FYI : EBOOK 10 KUNCI SUKSES PRIA IDAMAN (Full Version) akan diterbitkan kembali(100 copy) pada bulan Februari 2016. Lakukan pemesanan dari sekarang...





:

       
Posting Komentar

Karya Fotografi

Karya Fotografi
Karya Fotografer Christian Yohanes

Follow by Email