Pengelolaan Blog


Tips Ngeblog

Pada halaman sebelumnya saya mengatakan banyak orang yang tergiur mendapatkan uang dari blog hanya karena mendengar cerita bahwa ada blogger yang berhasil mendapatkan uang dalam jumlah besar, namun setelah mereka mencoba selama beberapa bulan ternyata tidak ada hasilnya.
Saya juga telah menjelaskan pada bab-bab sebelumnya bahwa untuk mendapatkan uang dari blog harus ada upaya. Selalu akan ada kerja keras, dan memang harus bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika kita kerja keras hasilnya pun pasti bagus, jadi mindset Anda ketika hendak ingin meraup banyak uang sebagai blogger harus diubah terlebih dahulu. Aktivitas blogger harus Anda jadikan aktivitas professional, dimana Anda memiliki komitmen kepada diri Anda sendiri untuk tetap ngeblog, dan itu sama artinya dengan:

Selalu Memperbaharui(update) Isi Blog Secara Berkala
Ketika sedang melakukan talkshow di took buku Gramedia PIM, seorang penanya bertanya kepada saya. “Bagaimana agar kita selaku blogger dapat tetap meng-update blog, karena di dalam blog, konten adalah segalanya”.
Jawaban saya sangat sederhana, “Satu cara yang paling efektif adalah dengan berkomitmen kepada diri kita sendiri”.
Anda harus berkomitmen kepada diri Anda sendiri untuk tetap mengupdate isi blog. Contohnya seperti ini: dalam satu bulan berapa target tulisan yang ingin Anda capai? Semisal dalam sebulan saya akan menulis empat buah artikel.

Hal itu artinya dalam 1 minggu Anda harus menghasilkan 1 buah artikel, kemudian mulailah buat agenda untuk dijalankan. Dalam seminggu Anda harus menulis 1 artikel, jika ternyata tidak sesuai target, maka pada minggu kedua Anda harus menyelesaikan 2 artikel, dan begitu seterusnya. Lihat pada akhir bulan, berapa artikel yang telah Anda hasilkan. Dan itu jawaban dari komitmen Anda terhadap diri Anda.

Saya pribadi di tengah kesibukan mengembangkan website dan melayani klien-klien saya juga segala kesibukan perkuliahan, saya berkomitmen kepada diri saya bahwa setiap hari saya harus menulis sedikitnya 1 halaman. Temanya tidak penting, yang penting saya menulis saja. Banyak orang batal menulis karena terlalu banyak membuang waktu untuk memikirkan tema dari tulisannnya. Yang saya alami adalah saya semakin dekat dengan ide menciptakan tema pada saat saya mulai menulis. Dan hasilnya, setiap bulan ada banyak artikel yang saya hasilkan dengan berbagai tema menarik. Terpikir oleh saya untuk juga mulai menulis artikel dalam media cetak, namun belum saya lakukan karena saya masih harus menyesuaikan waktu terhadap segala aktivitas primer yang saya jalani.

Komitmen ialah modal utama seorang penulis artikel atau yang sering kita sebut dengan blogger. Setelah memiliki komitmen yang teguh terhadap aktivitas blog Anda, selanjutnya akan menjadi kebiasaan bagi Anda untuk terus menulis artikel dan melakukan sharing kepada seluruh pengguna jejaring social, apalagi setelah merasakan keuntungan yang cukup besar, hahahahaaa :D

Kalo begitu harus professional dong?
Pertanyaan ini sering sekali menjadi ungkapan klasik bagi para Beginner Blogger. Ketika saya menjelaskan paparan seperti di atas mungkin Anda akan mulai bertanya, “Artinya menjadi blogger adalah aktivitas yang berat dong? Tidak senyaman yang saya bayangkan. Harus selalu melakukan posting dan harus serius menulis.
Jawabannya saya juga masih sederhana , ”bahwa sebenarnya Anda tidak perlu terlalu serius dalam menentukan tema, namun seriuslah dalam menulis”. Berikan informasi yang cukup Anda kuasai juga dibutuhkan banyak orang khusunya di dalam era modern saat ini.

Gunakan Artikel Orang Lain Sebagai Acuan Dalam menemukan Inspirasi
Jika Anda kesulitan dalam membuat tema, atau merasa terlalu berat untuk menggali inspirasi dalam membuat sebuah tulisan, ada baiknya Anda melakukan survey dan penggalian informasi dari artikel-artikel yang telah dibuat oleh orang lain. Akan tetapi saya tidak pernah setuju dengan istilah tidak kreatif (copy-paste). Artikel yang baik adalah artikel yang aktual serta original, dengan kata lain Anda harus menulis dengan kreatifitas yang Anda miliki.

Jika ingin mengambil sebagian statement dari artikel lain, Anda harus memberikan sedikit informasi tentang darimana sumber yang Anda gunakan sebagai referensi. Contohnya seperti; …terinspirasi dari artikel *****, sumber: Artikel *****, ….dan lain-lain



Bisa Karena Terbiasa
Pada waktu usia balita saya ataupun Anda pasti belajar tentang cara berjalan. Banyak sekali kegagalan yang saya alami, namun dengan semangat yang sangat besar untuk dapat berjalan, saya terus mencoba dan mencoba berulang kali. Bayangkan jika saya menyerah ketika saya terjatuh ketiga kalinya, tentunya hari ini saya tidak mampu memanfaatkan kedua kaki saya untuk melangkah, berjalan, bahkan berlari. Karena saya terus mencoba dan mulai terbiasa untuk berdiri tegak hingga malangkahkan kaki maka pada akhirnya saya bisa berjalan dan berlari.
Pesan menariknya adalah Anda akan BISA menulis hanya ketika Anda TERBIASA melakukan kegiatan menulis. Karena itu mulailah mencoba untuk mengembangkan kreatifitas Anda!


Mengelola Banyak Blog
Untuk dapat memaksimalkan usaha Anda sebagai blogger, saya menganjurkan Anda untuk mengelola sebanyak-banyaknya blog. Tumpahkan segala ide dan inspirasi Anda pada halaman blog yang berlainan dengan ketentuan, isi setiap blog tidak sama dengan blog lainnya. Terkecuali blog tersebut hanya untuk melakukan backlinks (menyimpan informasi link untuk meneruskan fokus pembaca kepada blog Anda lainnya). Kalaupun terpaksa harus meng-copy postingan dari sebuah blog ke blog lain yang Anda miliki, maka ganti headline(judul utama) artikel dalam blog tersebut. Ubah paragraph awalnya agar dapat dihitung sebagai konten menarik oleh Google.






:

       
Posting Komentar

Karya Fotografi

Karya Fotografi
Karya Fotografer Christian Yohanes

Follow by Email