PROMOSI dalam Jejaring Sosial

Selamat Pagi!!!


Ungkapan di atas mungkin sering menjadi hiasan di telinga Anda namun banyak yang tidak memahami makna dan bobot dari ungkapan tersebut. Ini juga yang saya alami ketika pencerahan belum datang pada diri saya. Namun saat ini saya merasakan efek yang begitu dahsyat dari ungkapan tersebut. Makna khiasan yang tercipta di dalamnya seolah membuat saya menjadi pribadi yang selalu bersemangat, dan sepertinya selalu tidak puas ketika tidak membuat sebuah perubahan dalam tiap detik kehidupan yang saya lalui. Ungkapan tersebut pula yang member kekuatan untuk saya dapat bertahan menghadapi seluk-beluk tantangan kehidupan.

Oke, tadi itu sekilas pemahaman saya untuk memotivasi Anda sekalian. Selamat berjumpa kembali dalam situs pribadi saya di www.suksesjaringan.blogspot.com yang sebentar lagi akan update dengan domain sendiri. (doa dan peranan Anda sangat berperan dalam hal ini).
Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi pengetahuan tentang “Bagaimana Melakukan Promosi dalam Jejaring Sosial”.
Memang sepertinya terkesan mudah melakukan aktivitas promosi melalui jejaring sosial, namun kenyataanya banyak ranjau berduri yang menghambat promosi Anda untuk menghasilkan ladang gandum yang berlimpah pada kondisi financial Anda. Bukan mendapat klien yang akan membeli produk Anda, malah dihujani kekesalan user lainnya karena sembarangan Tag, atau melakukan aktivitas yang mengganggu kepentingan orang lain. Ide berbagi artikel ini pun selanjutnya terlintas dipikiran saya ketika seorang sahabat melakukan request artikel di kolom yang sudah tersedia di bawah setiap artikel yang saya buat. Tanpa basa-basi, berikut penjelasannya :

Untuk dapat melakukan aktivitas PROMOSI yang benar di dalam jejaring sosial tentunya kita harus tau dulu maksud dibalik kata “PROMOSI”.
Promosi merupakan sebuah aktivitas menawarkan produk atau jas yang bertujuan untuk menarik perhatian orang lain untuk membeli, menggunakan, atau bahkan hanya melirik produk atau jasa yang ditawarkan. Nah, dalam dunia jejaring sosial, sebagai Author/penulis kita merasakan kesenangan tersendiri jika ada aktivitas nyata pada produk yang kita tawarkan. Saya tidak akan menjadikan orang lain sebagai contoh. Anggap saja contohnya adalah saya (dalam hal ini berkaitan dengan promosi Blog). Tentu saja saya melakukan promosi karena ada maksud dan tujuannya, misalnya menarik banyak pengunjung yang datang merasakan manfaat dari blog yang saya buat. Lalu selanjutnya, untuk mendapatkan buah dari promosi tersebut saya tentunya harus meluangkan waktu untuk sekedar meninggalkan jejak di blog orang lain atau mungkin mengirimkan sebuah pesan informasi untuk memperkenalkan alamat Blog saya. Yah memang sudah begitu seharusnya.

Sebenarnya ada banyak cara dalam berpromosi. Dalam kesempatan ini saya hanya akan memberikan beberapa cara yang lazim dilakukan para pengguna internet saat ini.

1. Lewat Signature Email
Hahaha …sepertinya cara ini bukan rahasia lagi bagi para peselancar dunia maya. Teknik ini merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dalam mempromosikan produk atau jasa yang ingin kita tawarkan. Namun cara ini dapat pula menjadi busuk jika Anda tidak mengikuti dunia milis yang ramai. Pergunakan kemampuan bersosialisasi Anda dan masuklah dengan grup berpenghuni banyak anggota untuk memaksimalkan aktivitas promosi Anda.

2. Lewat Status Yahoo Mesengger
Cara ini memang simple, namun saya rasa masih kurang efektif. Karena banyak orang yang malas ketika melihat status yang ditulis hanya alamat blog saja. Dan akibatnya promosi Anda sama sekali akan diabaikan.
Hahahaha…jangan langsung berkecil hati bagi Anda yang pernah menggunakan cara ini. Saya berikan sedikit tips yang mungkin dapat Anda gunakan. Memang prioritas kita adalah berpromosi dalam hal ini, tapi jika kita hanya menuliskan alamat web dalam status artinya sama sekali tidak tersirat makna yang akan membuat para pembaca interest atau tertarik pada status Anda. Coba bubuhkan sedikit makna dalam status Anda, lalu selanjutnya sisipkan alamat web Anda. Jadi intinya status Anda saat ini berisikan sesuatu yang memiliki daya tarik dan disisipkan alamat web Anda. Begitulah kira-kira promosi yang biasa saya lakukan.

3. Lewat Fans Page OpenID, Facebook, Twitter, dll
Cara ini jauh lebih efektif dari kedua cara di atas. Memang dalam prakteknya akan sedikit membuang waktu dan tenaga, akan tetapi hasilnya cukup memuaskan. Mengapa saya katakana cara ini lebih efektif?
Dalam fans page kita dapat memberikan setidaknya 40% produk yang sedang kita promosikan. Ada banyak fasilitas yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan si calon pembeli. Anda bisa bercerita melalui gambar, kata-kata, atau yang lebih menarik melalui video streaming. Jadi si calon pembeli dapat membayangkan garis besar dari apa yang Anda tawarkan kepada mereka. Namun ada hal yang harus sangat diperhatikan dari teknik ini. Anda harus senantiasa menjaga kualitas promosi serta konsistensi Anda dalam berbagi hal yang menarik melalui fans page Anda. Karena jika fans page yang Anda buat dinilai kurang berbobot atau sama sekali tidak bermanfaat, maka wajar saya kalau fans page Anda akan sepi pengunjung. Usahakan untuk selalu menghasilkan karya unik yang menarik serta lakukan pembaharuan berkala pada fans page Anda.

Kira-kira itu teknik-teknik yang biasa digunakan para blogger dalam aktivitas promosi.
Namun mengapa sepertinya hasil dari promosi tidak terlihat meski telah melakukan teknik-teknik tersebut?

Ini hal terakhir yang sangat penting tapi sering dilupakan oleh para peselancar dunia maya.

Lakukan PROMOSI bukan SPAMMING !

Kebanyakan orang bukan menarik perhatian malah membuat kesal orang lain dengan print out promosi yang seringkali memenuhi halaman orang lain. Anda sebagai blogger juga mungkin pernah merasakan posisi sebagai reader. Tentunya kita akan sangat terganggu dengan berbagai aktivitas promosi yang selanjutnya mengarah kepada aktivitas spamming. Yayaya … Sebagai promoter memang terkadang kita tidak menyadari hal ini, namun efeknya dapat dirasakan oleh para pembaca. Bagaimana cara mengantisipasinya?
Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengantisipasinya, kita harus terlebih dahulu menemukan penyebab sebuah promosi dianggap sebagai spamming.
Mungkin  promosi yang Anda lakukan tidak berada pada target pasar yang tepat. Contohnya begini …
Anda tidak mungkin mempromosikan Artikel Kecantikan di dalam komunitas Pecinta Off-Road kan?
Nah, karena itu Anda harus lebih mengenal produk apa yang Anda tawarkan, lalu sesuaikan kepada orang-orang yang tepat. Lalu kemungkinan dua adalah promosi Anda terlalu banyak nyangkut di halaman atau email orang. Sebaiknya berikan tenggang waktu  promosi, jangan lakukan setiap saat. Lebih baik Anda menggunakan waktu tersebut untuk lebih banyak lagi membangun kualitas produk daripada membuang sampah di halaman orang lain.

Nah, kira-kira begitu penjabaran yang bisa saya bagikan hari ini. Mohon maaf atas segala kesalahan dan terima kasih atas bersedianya Anda mengikuti artikel ini.


Selamat Pagi!!!

Salam Sukses - Christian Yohanes








:

       
Posting Komentar

Karya Fotografi

Karya Fotografi
Karya Fotografer Christian Yohanes

Follow by Email