Tips Meningkatkan Kunjungan


Meningkatkan Kunjungan di Blog


Media teknologi khususnya di bidang telekomunikasi memang menjadikan segala sesuatunya menjadi lebih praktis saat ini. Inilah satu alasan mengapa banyak pengusaha yang menggunakan blog untuk berpromosi dan bahkan ada juga yang lebih memilih Online Shop(jualan di dunia maya) dibandingkan berjualan di dunia nyata. Sepertinya transaksi terasa lebih simple dan lebih menghemat waktu dan tenaga karena semua transaksi dilakukan mobile tidak terbatas ruang dan waktu.
Dalam penjualan kita mengenal tahapan awal berupa promosi lalu kemudian transaksi dilakukan. Namun apakah mungkin tujuan promosi dan transaksi ini tercapai ketika blog Anda sepi pengunjung? Tentunya TIDAK.

Nah, hari ini saya akan membagikan RAHASIAnya kepada Anda. Bagaimana cara meningkatkan trafik kunjungan di blog Anda dan bagaimana cara mempertahankannya sehingga promosi dapat dilakukan dengan efektif serta berkelanjutan. Tidak berniat mengajari, saya hanya berbagi tentang pengalaman saya sebagai seorang blogger, fotografer dan telecommuter.


Apa yang membuat orang tertarik terhadap blog Anda?
Untuk dapat menjawab semua persoalan di atas kita tentunya perlu mengetahui terlebih dahulu mengetahui tentang daya tarik seseorang yang mendorong mereka untuk mengunjungi blog Anda. Pernah mendengar tentang istilah “Dimana ada gula, di situ semut berkerumun”? Ya, itu yang harus kita sadari jika ingin melakukan promosi secara efektif. Dengan kata lain Anda harus menyediakan gula di halaman blog Anda!
Gula yang saya maksudkan disini bukan gula dalam artian sesungguhnya. Artinya Anda harus menyediakan hal yang dibutuhkan oleh banyak orang sehingga memancing mereka untuk berkerumun dan betah di blog Anda.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kunjungan di dalam Blog?


Ciptakan Artikel Menarik dan Berkualitas

Disinilah kreativitas Anda dibutuhkan dalam mengolah blog yang Anda buat. Anda bisa memulai dengan mulai menyusun tata letak blog Anda agar menarik dan tidak membosankan bagi banyak calon pengunjung. Sediakan artikel-artikel menarik dan terbaru serta bersifat original. Artinya bukan artikel dengan teknik copy-paste. Cermat lah dalam memperhatikan kebutuhan publik. Karena ketika mereka menemukan hal-hal yang mereka butuhkan, tanpa paksaan mereka akan segera berkunjung ke area blog yang Anda buat. Lalu selanjutnya mereka akan mulai melirik produk yang Anda tawarkan di dalam blog Anda tersebut. Bukan sekedar menarik namun Anda harus sedikit berpikir untuk menciptakan artikel-artikel yang berkualitas. Bumbui dengan statement atau quote favorite yang dapat memotivasi para pembaca untuk kehidupan yang lebih baik.



Lakukan Update Posting Secara Berkala

Ya memang ini sangat penting, namun sering diabaikan oleh para blogger. Banyak dari para blogger yang hanya bernafsu pada awal pembuatan blog mereka, lalu tidak menjaga konsistensi mereka sehingga para pengunjung jenuh dan meninggalkan blog tersebut. Ya memang Anda telah menyediakan gula dalam halaman blog Anda dan telah ada beberapa semut yang menghampiri blog Anda. Seringkali ini membuat Anda menjadi terlena dan tidak berpikir jangka panjang. Sesuatu yang baru lama-lama akan menjadi sesuatu yang busuk dan tidak segar lagi. Artinya Anda telah menyimpan banyak sampah karena tidak menjaga konsistensi update posting.


Komentar Anda adalah Daya Tarik bagi Pengunjung

Teknik ini lebih dikenal dengan istilah blogwalking. Blogwalking adalah aktivitas dimana Anda mengunjungi banyak blog dan meninggalkan komentar serta link menuju blog Anda disana. Lalu selanjutnya Anda bisa memanfaatkan Ms. Word untuk menyimpan statistic atau data blog-blog yang ramai kunjungan. Tinggalkan sebanyak-banyaknya komentar Anda untuk menarik perhatian para pengunjung untuk mengunjungi juga blog Anda.

Atau mungkin jika Anda lebih kreatif lagi, Anda bisa saja mencoba aktivitas Guest Posting di blog yang lebih popular. Analoginya, Anda menebar sebagian gula Anda di markas semut yang sedang berkerumun. Nah, dalam teknik ini kekuatannya terletak pada kualitas gula dan karakteristik gula yang Anda tebar. Maksudnya, jika gula yang Anda berikan lebih manis dari gula yang di sediakan sebelumnya maka perhatian semut pun akan tetuju ke sarang Anda.



Tukar Link (Link Exchange)
Cara ini juga cukup ampuh untuk menciptakan traffic kunjungan ke dalam blog Anda. Intiplah banyak blogger yang lebih dulu memulai aktivitas blogging lalu mintalah kesediaan mereka melakukan pertukaran link dengan Anda. Biasanya teman-teman blogger dengan senang hati akan mengabulkan permintaan Anda tersebut. Selanjutnya pasang link mereka di dalam blog Anda dan minta mereka untuk juga memasang link Anda di dalam blog yang mereka kelola.

Cara kuno??
Eits, jangan diremehkan! Bertukar link walau tekesan kuno tapi saya buktikan sendiri bahwa hal ini sangat efektif. Blog-blog saya bisa mendapatkan ratusan pengunjung dalam sehari hanya dari aktivitas pertukaran link. Jika Anda benar-benar serius dalam berbisnis, jangan anggap remeh dan menyia-nyiakan satu pengunjung pun. Sebab siapa tahu satu pengunjung tersebut yang Anda remehkan justru adalah target pasar yang sedang Anda cari dan siap untuk membawa uang untuk Anda. Setialah pada perkara kecil maka Anda akan layak untuk dipercayakan kepada perkara besar.


Google Bukan Gerbang Tunggal

Mungkin Anda adalah seseorang yang sibuk memutar otak untuk mendapatkan pege rank yang tinggi dalam daftar mesin pencarian Google. Namun sadarkah Anda telah menghabiskan banyak tenaga dan waktu serta membuang kesempatan yang sudah jelas terbuka?
Ini yang perlu Anda sadari sejak awal. Anda bisa meningkatkan traffic kunjungan blog Anda bukan hanya melalui peranan Google. Ya memang Google merupakan salah satu perusahaan informasi yang sedang berkembang saat ini, dan hampir seluruh informasi ditmpung dalam perusahaan satu ini. Akan tetapi, sudahkah Anda memanfaatkan sosial media lainnya seperti Facebook, Twitter, Flickr, atau sosial media lainnya? Kenapa Anda tidak memperluas jaringan di berbagai sosial media? Menurut saya ini lebih penting daripada harus susah payah menembus SEO mesin GOOGLE.
Belum lagi peluang yang ada di dalam traffic forum-forum. Cobalah untuk mncari forum yang membahas tema yang senada di blog Anda. Beri komentar disana, sambil meninggalkan link ke blog Anda untuk informasi selengkapnya yang mungkin dibutuhkan. Seperti yang telah saya katakana sebelumnya, jika Anda beruntung dan apa yang Anda sajikan lebih menarik maka pengunjung akan secara tidak sadar termotivasi untuk berkunjung ke dalam blog Anda.






:

       
Posting Komentar

Karya Fotografi

Karya Fotografi
Karya Fotografer Christian Yohanes

Follow by Email