BISNIS SUKSES MENGGUNAKAN APLIKASI LINE

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi digital semakin hari menjadi semakin pesat. Jika kita mengikuti perkembangan zaman ini, kita akan menemukan banyak sekali aplikasi-aplikasi android yang dikhususkan untuk media interaksi sosial seperti whatsapp, line, wechat, facebook lite, smule dan lainnya. Hal ini membuktikan bahwa manusia membutuhkan orang lainnya dalam kehidupan dan tanpa interaksi sosial kehidupan seorang manusia akan menjadi datar dan kosong. Dunia maya yang sepertinya penuh ilusi ternyata memiliki sosok yang nyata jika kita mau mengamatinya secara lebih signifikan. Aplikasi-aplikasi sosial yang tercipta seiring hadirnya teknologi android kini semakin banyak diminati orang, mulai dari kalangan remaja hingga kalangan orang tua.

Fenomena ini menarik perhatian saya untuk mengamati interaksi sosial yang biasa terjadi dalam chat/obrolan pada setiap aplikasi media sosial yang berkembang saat ini. Seperti pada artikel sebelumnya saya sudah ungkapkan bahwa ternyata dalam aplikasi SMULE memiliki cerita tersendiri yang ternyata menarik untuk kita ikuti. Bagaimana mungkin seseorang yang tidak saling kenal dapat terhubung dalam sebuah aplikasi lalu berakhir dalam sebuah hubungan yang lebih nyata? Aneh? Itulah realita kehidupan sosial masa kini. Setiap zaman memiliki model interaksi tersendiri dan kita wajib ikut memahami model interaksi seperti apa yang sedang berkembang di zaman sekarang ini.



Jarak dan waktu hingga perbedaan kasta tidak lagi menjadi batasan untuk kita dapat menemukan sahabat atau bahkan belahan jiwa. Teknologi membuat segalanya menjadi lebih mudah. Orang yang belum Anda kenal hari ini mungkin saja adalah pasangan Anda besok atau lusa sekalipun Anda tidak sering berada pada lokasi yang sama. Orang yang belum pernah Anda temui di dunia nyata atau lingkungan sosial Anda sehari - hari mungkin saja merupakan partner/relasi bisnis yang cocok bagi Anda di masa yang akan datang. Uniknya pada saat itulah Anda akan mengingat sebuah ungkapan yang berbunyi "When there's a will, there's a way" (ketika ada kemauan, pasti ada jalan).

Pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan satu tanda kepada Anda bahwa interaksi sosial dapat tercipta melalui dunia maya layaknya seperti dalam dunia nyata. Istilah dunia maya sebenarnya disebut untuk mengartikan sebuah kondisi dimana seseorang belum pernah bertemu secara wujud nyata dengan orang yang lainnya pada kehidupan sosial sehari - hari, namun pada dasarnya siapapun yang berinteraksi dengan kita melalui media sosial merupakan seseorang yang nyata dalam kehidupan. Hal ini membuka peluang sebenarnya bagi kita untuk dapat menjadi sukses dalam segala aspek kehidupan. Anda dapat menjadi lebih mudah menemukan sahabat, relasi bisnis bahkan pasangan melalui bantuan teknologi media sosial.

Jika dalam artikel sebelumnya saya bercerita mengenai uniknya interaksi sosial dalam grup bernyanyi smule, kali ini saya akan berbagi rahasia menarik seputar peluang sukses berbisnis melalui aplikasi media sosial. Dalam artikel kali ini saya akan banyak bercerita mengenai pengalaman saya berbisnis menggunakan aplikasi LINE.

Taukah Anda bahwa total pengguna aplikasi LINE di Indonesia mencapai 170JUTA orang?




LINE merupakan aplikasi layanan komunikasi lintas platform dan aplikasi messaging yang dibuat oleh perusahaan NHN yang berada di Jepang. Asal usul nama LINE yaitu berasal dari antrian orang yang berada di telepon umum setelah gempa besar yang diikuti terjadinya Tsunami di Jepang. Dikarenakan pada saat terjadi musibah itu Jepang mengalami kerusakan yang sangat besar pada system komunikasi mereka, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat aplikasi melalui smartphone, tablet dan desktop untuk melakukan instant messaging (pesan singkat) secara gratis.

Sangat tidak terduga ternyata LINE sangat diminati dan berkembang dengan sangat pesat. Pada bulan Oktober 2011, LINE mengalami overload karena kelebihan pengguna. Line pada mulanya didesain untuk android dan iOS, kemudian berkembang ke operating system Windows Phone hingga komputer desktop. LINE meluncurkan pengembangan aplikasi untuk blackberry pada Oktober 2012, lalu selanjutnya tercipta aplikasi LINE untuk Nokia Asha pada akhir tahun 2013.

Luar biasa memang perkembangan dari aplikasi ini. Mulai dari aplikasi yang muncul dari ide pemikiran di tengah musibah akhirnya menjadi aplikasi yang sangat berkembang hingga pada saat ini. Aplikasi LINE ini mengijinkan penggunanya untuk berkirim pesan dan panggilan melalui smartphone mereka. Line menggunakan media internet yang telah tersedia sehingga setiap pesan dan panggilan melalui LINE tidak ditarik biaya. Hingga kini untuk membedakan dirinya dengan aplikasi komunikasi lainnya, LINE menawarkan game, aplikasi kamera dan platform sosial media miliknya sendiri. Bahkan platform sosial media LINE sendiri pun memiliki timeline dan homepage (halaman utama) sama dengan yang dimiliki oleh Facebook.

Dari fakta - fakta ini saya akan membawa Anda untuk melihat lebih jauh tentang bagaimana cara Anda dapat melakukan bisnis melalui aplikasi LINE.

Tepat pada saat saya mulai tertarik menggunakan aplikasi SMULE seperti yang saya ceritakan pada artikel sebelumnya, saat itu saya mencoba untuk mengikuti beberapa event bernyanyi yang diadakan oleh salah satu grup dalam komunitas aplikasi smule. Pada saat pengumuman kelolosan peserta salah satu admin atau panitia event menghubungi saya melalui fitur message aplikasi smule dan mensyaratkan untuk mengirimkan screenshoot (potret) hasil kelolosan seleksi event menggunakan aplikasi LINE. Pada saat itu terus terang saya sudah jarang sekali menggunakan aplikasi LINE, karena platform aplikasi LINE kurang cocok untuk saya gunakan pada kegiatan project atau pekerjaan saya. Saya hanya menggunakan aplikasi LINE saat masih berkuliah di jurusan Teknik Elektro di Universitas Kristen Maranatha Bandung sebagai media pertukaran informasi dengan teman - teman mahasiswa, Di luar daripada itu, sama sekali saya jarang membuka aplikasi LINE ini. Hingga akhirnya saya kembali membuka aplikasi LINE ini dikarenakan harus mengikuti syarat dari event smule yang saya ikuti.

Ketika baru membuka aplikasi LINE ini setelah sekian lama tidak menggunakannya, saya masih belum menyadari apa - apa mengenai aplikasi ini. Sekilas saya lihat masih saja sama seperti dulu pada saat saya kuliah, aplikasi ini saya anggap hanya menjadi aplikasi hiburan saja layaknya aplikasi Facebook. Lalu hari demi hari saya mulai mengikuti interaksi di dalam room event smule tadi yang di buat dalam aplikasi LINE. Dalam room grup LINE ini semua peserta lolos ternyata sudah berkumpul dan berinteraksi melalui pesan obrolan/chat. Pada saat itu interaksi begitu ramai dan ternyata semua orang yang terlibat di dalam interaksi tersebut sama-sama belum saling mengenal dan berada pada wilayah yang berbeda-beda. Saya menemukan teman-teman baru dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan sebagian dari mereka ternyata ada yang sedang bekerja di luar negeri.

Pada saat itulah saya mulai membaca hal ini sebagai sebuah peluang. Di dalam room event tersebut ada sekitar 250 hingga 350 orang yang berinteraksi secara aktif. Mulai dari obrolan santai hingga kepada obrolan yang lebih serius. Uniknya lagi, LINE membuat sebuah fitur menarik untuk mendekatkan antar pengguna aplikasi LINE yaitu berupa LINE STICKER. Line sticker ini digunakan untuk mengekspresikan emosi kita pada saat melakukan interaksi sosial menggunakan aplikasi LINE. Untuk mengetahui lebih lengkap lagi seputar informasi fitur menarik dari aplikasi LINE ini, Anda bisa membuka website resminya LINE.

Hari demi hari saya lewati dengan berinteraksi bersama teman-teman baru saya yang saya kenal melalui aplikasi ini. Saya mendapat pengalaman-pengalaman baru dan peluang bisnis baru melalui aplikasi LINE ini. Berbagai peluang-peluang bisnis pun saya coba untuk mempelajari lebih dalam tentang seberapa efektif aplikasi ini untuk menunjang karir saya. Saya mencoba membuat akun pribadi saya dan mengisi timeline LINE saya dengan hal-hal yang mempromosikan tentang siapa saya dan kegiatan apa saja yang saya lakukan pada kehidupan pribadi saya. Disamping itu saya juga menggunakan aplikasi LINE ini untuk mempromosikan setiap artikel saya hingga kepada channel youtube yang saya miliki. Dan tahukah Anda apa yang saya dapatkan dari proses percobaan ini?

Pada bulan Oktober penghasilan saya melalui program Adsense meningkat tajam. Setelah saya cek ternyata banyak sekali pengunjung berdatangan dan antusias membaca artikel saya hingga menyaksikan video youtube channel saya ternyata berasal dari aplikasi LINE. Menarik bukan?



Lebih jauh daripada itu saya juga mempelajari sebuah bisnis menarik yang ternyata berkembang dan banyak peminatnya dalam aplikasi LINE. Saya membuat akun LINE@ dan mulai belajar menggunakan platform aplikasi LINE@ ini untuk membuat sebuah CHATBOT OFFICIAL LINE. Chatbot LINE merupakan sistem platform yang dibuat oleh LINE untuk membuat pengguna menjadi semakin aktif dalam berinteraksi. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang LINE@ dan BOT LINE OFFICIAL Anda bisa klik link yang saya berikan untuk terhubung pada penjelasan mengenai hal tersebut. BOT CHAT LINE memungkinkan pengguna untuk mendapat pesan balasan secara otomatis melalui akun official bot tersebut. Hal ini menjadi menarik karena setiap keyword dapat kita buat dengan respon balasan yang bermacam-macam. Ternyata banyak sekali pengguna LINE yang tertarik menggunakan bot ini namun tidak memahami tentang proses pembuatannya. Bukankah itu peluang bisnis?



Tanpa berpikir panjang saya langsung mengikuti rasa penasaran saya. Di tengah kesibukan saya sebagai seorang kontraktor konstruksi, saya meluangkan waktu untuk mempelajari lebih dalam mengenai isi dari sistem BOT LINE ini. Dan setelah itu saya coba mulai memperkenalkan akun BOT CHAT LINE pertama yang berhasil saya buat. Dari proses tersebut banyak hal saya pelajari dan saya mulai mencoba hal-hal baru berkaitan dengan sistem bot LINE. Ternyata tindakan tersebut mendapat respon positif hingga akhirnya saya mendapat penawaran harga menarik untuk pembuatan BOT LINE khusus untuk grup SMULE. Menanggapi penawaran itu akhirnya saya menawarkan peluang ini kepada beberapa staff IT saya. Di tengah kesibukan mereka membantu menjalankan sistem dalam perusahaan saya ternyata mereka juga tertarik untuk membuat coding untuk menanggapi permintaan pembuatan BOT LINE itu.

Begitulah kira-kira pengalaman saya seputar BISNIS SUKSES MENGGUNAKAN APLIKASI LINE. Pada artikel selanjutnya saya akan menulis artikel mengenai Rahasia Efektif Bisnis Menggunakan Aplikasi LINE.






:

       
Posting Komentar

Karya Fotografi

Karya Fotografi
Karya Fotografer Christian Yohanes

Follow by Email