BERITA TERKINI: Longsor Puncak [Rabu, 28 Maret 2018]

Kejadian longsor yang terjadi pada hari Rabu 28 Maret 2018 pada pukul 20.45 wib masih menimbulkan pergerakan dan getaran hingga dikhawatirkan akan memicu longsor puncak susulan.

Longsor puncak ini mencapai kedalaman 40 m dengan panjang longsor sekitar 150m.

Berdasarkan hasil pengecekan kepolisian dan hasil pengecekan DINAS PEKERJAAN UMUM Kota Bogor, terdapat tiga bangunan rumah makan di lokasi kejadian. "Puncak Pass yang mengalami roboh diantaranya adalah kamar dan dapur," kata Sutopo dalam keterangannya. Demi keselamatan, akses jalan ditutup di Pos Jabar 9 untuk kendaraan roda empat. Sementara kendaraan roda 2 masih bisa melalui jalan tersebut.

Selain itu, dilakukan penutupan satu jalur untuk mengurangi getaran yang dapat memicu timbulnya longsor puncak susulan. Sementara ini, kendaraan roda empat dialihkan ke jalur Sukabumi atau Jonggol," lanjut Sutopo.

Dapat kita lihat bahwa hingga hari ini banyak polisi melakukan penjagaan ketat di sekitar lokasi Longsor Puncak. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi longsor susulan yang mungkin terjadi sewaktu-waktu di sekitar lokasi Longsor Puncak ini. Beberapa unit mobil dan pengawalan menggunakan sepeda motor pun di lakukan untuk menjaga barisan tutup jalur di sepanjang lokasi kejadian. Bersama dengan TNI dan TIM SAR, Polri melakukan penyisiran di sekitar wilayah Longsor Puncak untuk terus mencari korban yang mungkin terkena musibah longsor di puncak ini. Posko sudah dibuka dan siaga diberlakukan oleh seluruh jajaran polri sebagai bentuk pengamanan di sekitar lokasi longsor puncak.

Demikian berita terkini yang dapat kami informasikan hari ini. Dihimbau untuk senantiasa waspada bagi Anda semua yang berada di sekitar lokasi maupun sedang melakukan perjalanan ke arah puncak Bogor.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama mengatakan bahwa pergeseran tanah terjadi pada pukul 21:00 WIB. Menurut AKP Hasby, penutupan dilakukan mulai dari Gunung Mas hingga Ciloto.
Akibat longsor puncak untuk semantara akses jalan dari Gunung Mas hingga Ciloto ditutup semua," ujar Hasby ketika dikonfirmasi media, Rabu (28/03/2018).

Lebih lanjut ia mengatakan, waktu penutupan sendiri masih belum dapat dipastikan sampai kapan karena masih dalam kajian tim ahli jalan Kementrian PUPR. Ia juga menghimbau kepada pengendara yang ingin melintas kawasan Gunung Mas hingga Ciloto untuk menggunakan jalur alternatif.






:

       
Posting Komentar

Karya Fotografi

Karya Fotografi
Karya Fotografer Christian Yohanes

Follow by Email