[Rahasia SUKSES] Kamu Pilih BLOG atau VLOG ?


Anda seorang BLOGGER atau VLOGGER?

blog-dan-vlog
Pilih Jadi Blogger atau Vlogger

Dalam era digital saat ini banyak sekali peluang bisnis online yang ditawarkan di internet. Topik kali ini saya akan membahas tentang 'Pilih BLOG atau VLOG', simak rahasia suksesnya di sini...

Seperti yang kita tahu aktivitas seorang blogger dan vlogger semakin ramai dibicarakan di dunia online saat ini. Di samping karena karya-karyanya yang semakin nyata dan banyak disukai dalam kehidupan modern saat ini, blog dan vlog pun kini menjadi sebuah alat untuk berbagi wawasan pengetahuan dimanapun dan kapanpun kita inginkan. Seperti tidak ada batasan untuk dapat menemukan pengetahuan saat ini karena aktivitas berbagi pengetahuan dapat kita lakukan kapanpun kita inginkan. Dan yang lebih mengesankan adalah, aktivitas kamu dalam berbagi pengetahuan baik itu melalui blog ataupun vlog kini sangat dihargai oleh perusahaan-perusahaan besar penyedia platform blog (website) dan vlog (biasanya konten video). Perusahaan besar Google beserta jaringannya menjadikan ini nyata melalui sharing profit yang mereka jalankan dalam program Google Adsense. Ya, aktivitas blog dan vlog kamu bisa menghasilkan dollar bersama Google Adsense. Perusahaan-perusahaan online yang memiliki program serupa pun memiliki penawaran khusus untuk para pembuat konten blog atau vlog yang bersedia bekerjasama dengan mereka. Inilah yang membuat aktivitas blog dan vlog menjadi semakin menarik bagi kalangan pembuat blog atau vlog di zaman now ini. Jadi, dimana posisi Anda saat ini? Apakah Anda seorang pembuat Blog atau Vlog? Pilih Blog atau Vlog? Anda yang menentukan...

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang pilihan antara blog atau vlog, ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal lebih jauh tentang blog dan vlog itu sendiri.

BLOG

Istilah BLOG pertama kali muncul pada akhir tahun 2002. Istilah ini pertama kali dipopulerkan dan diakuisisi oleh Google bersamaan dengan resminya produk platform mereka yaitu Blogger.com. Sejak saat itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Blog memiliki fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi, sampai dengan program-program media hingga profile dari perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal dan sebagian lainnya dikelola oleh beberapa penulis.

Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya misalnya dengan menempatkan kotak buku tamu, tombol media sosial dan kolom komentar di dalam blog mereka untuk memperkenankan pengunjungnya meninggalkan saran dan pesan berhubungan dengan topik pembahasan mereka dalam blog tersebut. Secara sederhana blog sendiri terlihat seperti website, apalagi seiring perkembangan jaman kini para blogger menghiasi blog mereka dengan kode html dan css yang menyerupai dengan pembuatan website dan menggunakan domain khusus bahkan hingga hosting pribadi untuk blog yang mereka buat. Karena itu saat ini sekilas blog terlihat hampir sama dengan sebuah website. Yang membedakan hanya tujuan pembuatannya saja. Website cenderung dibuat dengan tujuan khusus memperkenalkan sesuatu, menawarkan sesuatu, hingga menjual sesuatu, sedangkan blog seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa blog memiliki fungsi yang lebih beragam. Bisa bersifat personal maupun organisasi.

Lalu bagimana dengan VLOG?

VLOG

Jika kita berbicara tentang BLOG maka akan terlintas di pemikiran kita bahwa isi di dalamnya adalah berupa tulisan narasi panjang yang bercerita tentang sesuatu. Sama seperti yang sedang Anda lihat saat ini. Ya, saat ini Anda sedang membaca blog SUKSES, dalam domain rahasiasukses-priaidaman.com

Seperti yang sudah kita bahas tadi, blog memiliki fungsi atau tujuan yang beragam. Bisa memperkenalkan sesuatu, bercerita tentang sesuatu, menawarkan sesuatu bahkan hingga menjual sesuatu, VLOG pun memiliki fungsi atau tujuan serupa. Hanya saja dikemas dalam sebuah konten VIDEO, karena itu disebut dengan VLOG yang artinya adalah Video Blog.

Video Blog ini muncul setelah berkembangnya sebuah platform yang juga merupakan milik dari Google Corporation dengan brand Youtube. Kini kita tahu bahwa Youtube merupakan sebuah platform video terbesar yang ada di dunia. Awalnya VLOG ditempelkan bersamaan dengan blog yang dibuat dalam sebuah blog untuk memperkuat nuansa visualisasi, kini VLOG bisa berdiri sendiri dengan bantuan platform Youtube, sebagai platform video terbesar di dunia saat ini.

Para pembuat konten VLOG kini sering disebut dengan istilah VLOGGER, sama seperti bagaimana cara kita menyebut seseorang yang membuat konten blog, yaitu BLOGGER. Seorang vlogger memiliki tujuan yang juga beragam dalam konten video yang mereka buat. Ada vlogger yang bercerita tentang kehidupan sehari-harinya, ada vlogger yang membahas tentang aktivitas profesinya, ada vlogger yang membahas tentang travelling bahkan hingga cara melakukan sesuatu. Aktivitas vlog masih akan terus berkembang dan berkembang karena banyak sekali ide kreativitas yang bisa kita bentuk di dalamnya. Sama seperti perkembangan seorang blogger yang diawali dengan niat berbagi sesuatu, kini seorang vlogger pun dapat melakukannya dengan visualisasi konten yang lebih jelas dan nyata.

Nah, dari sejarah munculnya istilah Blogger dan Vlogger mana yang menjadi pilihan Anda? Kira-kira sampai di sini ada Pilih Blog atau Vlog ?

Sekarang mari kita lihat perbandingan Blog dan Vlog dilihat dari isi konten di dalamnya ... Kira-kira nanti Anda akan pilih Blog atau Vlog setelah tau rahasianya hahaha ...

 lebih baik bikin blog atau vlog ?

KONTEN BLOG

Pada dasarnya blog dan vlog memiliki tujuan yang sama, yaitu berbagi informasi dan pengetahuan tentang sesuatu hal. Di dalam blog isi konten dikemas dengan bahasa deskriptif yang tersusun rapi dengan alur narasi untuk menuntun alam bawah sadar para pembacanya kepada inti dari pesan yang ingin disampaikan. Ya bahasa yang digunakan harus disesuaikan dengan target pembaca yang ingin dituju si blogger itu sendiri. Ketika saya ingin berbagi sesuatu yang pesannya ingin saya tujukan kepada Anda yang berusia di atas 18 - 35 tahun tentunya akan berbeda dengan bahasa narasi yang saya gunakan saat berbagi informasi dan pesan untuk adik-adik yang masih berusia 12 - 18 tahun. Bahasa narasi ini harus benar-benar diperhatikan oleh seorang blogger agar pesan yang ingin disampaikan bisa langsung diserap oleh si pembaca artikel blog yang dibuatnya.

Untuk lebih memperkuat pesan yang ingin disampaikan, saya biasanya menambahkan penjelasan gambar yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Karena pikirn bawah sadar manusia akan lebih mudah menyerap sesuatu ketika sesuatu tersebut divisualisasikan dalam bentuk gambaran yang nyata. Itu alasannya mengapa blog tidak seperti novel yang hanya berisikan tulisan, karena dalam blog ada sebuah pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh seorang blogger kepada para pembaca artikel blog mereka.

KONTEN VLOG

Dalam sebuah vlog pada kondisi yang sama, bahasa penyampaianpun perlu diperhatikan. Perbedaannya hanya pada kemasan pesan itu sendiri. Pesan yang ingin disampaikan oleh seorang vlogger dikemas dalam sebuah konten video. Di video tersebut seorang vlogger bercerita, berbagi informasi tentang sesuatu, menawarkan sesuatu, menjual sesuatu atau mungkin mengajak para penontonnya untuk melakukan sesuatu. Jika dalam blog tadi kita berfokus kepada susunan kalimat narasi (berupa teks), dalam vlog pesan yang ingin disampaikan seorang vlogger dikemas secara lisan. Tentu saja akan berbeda sensasinya dengan ketika Anda membaca tulisan, bahasa yang digunakanpun tidak selalu harus sesuai dengan ejaan EYD dalam bahasa Indonesia. Tidak jarang seorang Vlogger menggunakan bahasa-bahasa yang lebih akrab dan sering kita gunakan dalam bahasa sehari-hari atau biasanya disebut dengan bahasa kekinian, hahaha ...

Adanya gambar yang disajikan dalam format video dan dilengkapi oleh musik pengiring (backsound) membuat konten vlog semakin disukai oleh banyak orang. Kehadiran Youtube pun membantu para vlogger untuk berbagi informasi dengan siapapun, kapanpun dan dimanapun. Seperti yang tadi saya sudah jelaskan bahwa pikiran bawah sadar manusia lebih cepat dalam menyerap saran ataupun informasi jika dikemas dalam bentuk visualisasi dengan gambaran yang jelas. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa konten video lebih disukai dari konten narasi. Meski begitu kehadiran Vlog tidak semata-mata menghilangkan eksistensi dari konten Blog. Karena terbukti sekalipun konten Vlog kini populer dimana-mana, saat ini Anda masih berada di sini untuk terus mengikuti tulisan menarik dalam blog SUKSES pada domain rahasiasukses-priaidaman.com :D

Contoh Konten BLOG dan VLOG agar terlihat jelas dan membuat Anda semakin paham dalam menentukan Pilih Blog atau Vlog bisa di lihat dalam link ini ... Antara VLOG  dan BLOG.

Penghasilan Seorang Blogger

Karena blog merupakan produk yang secara resmi telah diakuisisi oleh Google, penghasilan yang didapatkan oleh seorang blogger pun secara langsung dapat dirasakan melalui program afiliasi (bisnis iklan online) yang dinamakan Google Adsense. Google Adsense adalah program afiliasi resmi yang dikeluarkan oleh Google untuk memberi harga terhadap konten-konten asli/original yang dibuat oleh seorang blogger. Dengan karya tulisan seorang blogger, Google Adsense dapat menempatkan iklan-iklan kustomer mereka di sebuah blog dari blogger yang telah lolos verifikasi tim Google. Ya, seorang Blogger wajib melewati fase verifikasi konten oleh Tim Google untuk dapat bekerjasama dengan pihak Google sebagai publisher iklan kustomer Google. Dalam fase verifikasi, Google akan melakukan pengecekan terhadap konten yang dibuat oleh seorang blogger itu sendiri, menyesuaikan template yang disarankan oleh Google untuk penempatan iklan-iklan kustomer mereka hingga keaslian dari konten-konten yang ditulis oleh seorang blogger.

Menulis atau melakukan pengetikan saja mungkin gampang dan bisa dilakukan oleh banyak orang, akan tetapi Google Adsense lebih menyukai konten-konten yang bersifat asli atau orisinil untuk mencegah hal-hal yang dapat menimbulkan masalah berkaitan dengan hak cipta di kemudian hari. Inilah cara Google membuat jaringan bisnis mereka. Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa, karya para pembuat konten blog (blogger) menjadi bagian dari suksesnya bisnis platform Google hingga pada saat ini.

Selain mendapatkan penghasilan dari konten tulisan yang dibuat oleh seorang blogger, seorang blogger pun berkesempatan mendapatkan komisi dari sebuah mesin pencari Google yang dipasangkan dalam blog mereka. Setiap kata kunci pencarian (atau biasa disebut dengan istilah bahasa inggris sebagai search keyword) yang dibutuhkan oleh seorang pembaca blog, akan memberikan kesempatan kepada Google untuk menempatkan iklan-iklan kustomer mereka dalam urutan teratas hasil pencarian mesin pencarian Google tersebut. Setiap klik yang dilakukan oleh pembaca terhadap iklan yang ditayangkan oleh Google di sana akan mengurangi deposit pembayaran iklan kustomer Google lalu pembagian keuntungan sebesar 60% berhak diterima oleh seorang Blogger.

Masih ada lagi penghasilan yang bisa diperoleh oleh seorang blogger diantara lain seperti, kerjasama dengan perusahaan afiliasi online di luar Google dalam penempatan iklan, tawaran kerjasama backlink antar website, komisi dari review produk, dan lain sebagainya. Pembahasan lengkap mengenai penghasilan seorang blogger akan saya bahas dalam artikel saya berikutnya. Karena itu tetap ikuti perkembangan artikel dalam Blog SUKSES ini, subscribe channel CYREV-TV dan temukan rahasia sukses menarik lainnya yang saya sediakan khusus untuk Anda...

To be continued ...
Topik yang akan saya bahas selanjutnya ...

  • Penghasilan Seorang Vlogger
  • Cerita SUKSES Blogger Indonesia
  • Rahasia SUKSES Seorang Vlogger









:

       
Posting Komentar

Karya Fotografi

Karya Fotografi
Karya Fotografer Christian Yohanes

Follow by Email