Rahasia SUKSES - Pola Pikir Pemimpin yang SUKSES

Pola Pikir Pemimpin SUKSES

Rahasia SUKSES - Pola Pikir Pemimpin yang SUKSES

Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif, Anda harus berpikir seperti seorang pemimpin. Pola pikir seorang pemimpin sangat berbeda dengan pemikiran orang-orang pada umumnya. Mereka cenderung mampu untuk mengendalikan pikiran mereka dan berfokus hanya kepada hal-hal yang menurut mereka penting dan menjadi bahan untuk kemajuan kehidupan mereka serta orang-orang di sekitarnya. Lalu apa artinya itu? Apa gunanya itu semua?

Pemimpin yang SUKSES cenderung berbagi kebiasaan berpikir yang membedakan mereka dengan orang lain pada umumnya. Sementara jika kita berbicara mengenai pola pikir, pola pikir ini memiliki banyak unsur atau elemen di dalamnya, semua didasari oleh pemahanan tentang kekuatan dari sebuah pemikiran itu sendiri. Segala yang kita pikirkan sama seperti semua yang kita lakukan, pasti memiliki konsekuensi di dalamnya. Pikiran positif tumbuh menjadi sebuah sikap positif dan pada akhirnya akan tumbuh menjadi hal-hal yang membawa hasil positif. Serupa dengan pikiran positif, pikiran negatif pun memiliki sifat yang sama ke arah berlawanan. Seperti pepatah yang seringkali saya ulang, pada saatnya nanti kita selalu akan menjadi apa yang kita pikirkan. Karena itu berhati-hatilah dalam menggunakan pikiran.

Orang - orang yang memiliki jiwa kepemimpinan berpikir dengan dasar pengetahuan yang luas tentang bagaimana mereka harus berpikir. Mereka memahami prinsip ini dengan baik dan mereka mengungkapkannya dengan cara yang sangat disiplin. Mereka mampu menguasai pemikiran mereka sekalipun selalu terbuka menerima saran dan masukan dari berbagai sumber dimanapun mereka berada. Dalam situasi tertekan dan di saat banyak orang yang terjebak dalam ilusi pikiran yang pada akhirnya semakin menyesatkan jalan hidup mereka, seseorang yang berjiwa positif akan selalu bersikap tenang dan justru mampu membalikkan keadaan.

Berikut beberapa contoh atau ciri-ciri tindakan serta pola pikir seseorang yang berjiwa kepemimpinan yang menjadikan mereka efektif dalam kehidupannya;

1. Kita selalu lebih baik daripada saya.

Meskipun kebanyakan orang seringkali mengungkapkan harapan dan aspirasi mereka dengan istilah seperti, "Saya harap saya mendapatkan ...." atau "Saya ingin melakukan itu sendiri ...", para pemimpin yang SUKSES memahami bahwa selalu ada kita sebelum saya dan kami sebelum saya.
Tim yang dimilikinya, orang-orang di sekitarnya, keluarganya, merupakan prioritas utama dalam pikirannya. Ia berpikir terlebih dahulu mendorong kesuksesan kepada orang - orang di sekitarnya untuk mencapai SUKSES besar yang dia rencanakan dalam kehidupannya. Seorang pemimpin hanya akan menjadi berhasil dan pantas disebut seorang pemimpin hanya jika ada bukti SUKSES dari orang - orang yang dipimpinnya. Itulah kesuksesan akhir yang ia rencanakan.

2. Fokus pada SOLUSI

Masalah adalah nyata, dan mereka merebut perhatian kita, tetapi masalah-masalah tersebut tidak akan pergi tanpa solusi. Mengetahui hal-hal tidak berfungsi adalah langkah pertama yang baik tetapi tidak lebih dari itu. Para pemimpin besar memahami bahwa berfokus pada masalah membawa lebih banyak masalah namun berfokus pada solusi membuka peluang. Para pemimpin SUKSES mampu memilih dan menentukan ke arah mana fokus mereka seharusnya berada.

3. Success Team Oriented (Orientasi kepada Tim yang SUKSES)

Kebanyakan orang menganggap kesuksesan merupakan sebuah pencapaian yang harus dikejar secara individu. Berapa banyak orang di jaman sekarang yang berpikir bahwa keberhasilan mereka ada di tangan mereka sendiri. Dan berapa banyak pemikiran yang menimbulkan kesan bahwa "Saya adalah penentu tunggal kesuksesan saya sendiri." Adakah Anda sedang berpikir dengan pola pikir seperti itu hari ini?

 Para pemimpin yang SUKSES memahami bahwa kekuatan tim yang beragam dengan segala macam potensi di dalamnya jauh lebih mungkin untuk menciptakan dan mempertahankan kesuksesan. Kunci keyakinan yang dimiliki oleh para pemimpin SUKSES, " Bersama kita BISA."



4. Be SIMPLE (Sederhana)

Alih-alih membuat rumit dan melihat masalah menjadi momok besar yang menakutkan, seorang pemimpin yang hebat mampu menyederhanakan semuanya. Sangat mudah untuk terlibat dalam detail dan spiral lalu menjadi kpomplikasi yang berlebihan. Coba liha berapa orang di sekitar Anda yang menjadi 'lebay' saat sedang mengalami sebuah masalah. Para pemimpin yang hebat di lain sisi mereka bisa memandang sebua permasalahan dalam sudut pandang dan pendekatan yang lebih sederhana. Mereka mampu menyingkirkan yang tidak terlalu penting lalu berfokus kepada hal-hal yang benar-benar penting dan menjadi bagian inti pada suatu masalah tersebut. Ini adalah bentuk pendekatan yang menjadikan mereka efektif dan mampu menyelesaikan masalah dengan cepat. Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang yang memiliki pola pikir seperti ini? Jaga hubungan Anda dengannya karena bersamanya Anda bisa meraih kesuksesan Anda hari ini.

5. Apa yang BENAR bukan Siapa yang salah

Saat semua orang terbiasa mencari kesalahan dan saling menyalahkan dalam permasalahan yang mungkin terjadi dalam kehidupan mereka, seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan menolak untuk melihat konflik dalam hal siapa yang salah, mereka cenderung memikirkan apa yang benar. Seorang pemimpin yang SUKSES tahu benar bahwa segala sesuatu adalah tentang bekerjasama untuk memajukan dan membuat sesuat menjadi benar. Mereka cenderung menganalisis masalah bukan orangnya.

6. Big MINDSET (Pemikiran yang BESAR)

Disaat orang - orang berpikir tentang hal-hal yang kecil, mereka berpikir besar.  Takut sukses dan takut gagal adalah dua sikap yang dapat membuat Anda berpikir kecil. Pemimpin yang SUKSES memahami jika Anda berpikir kecil, Anda hanya akan menjadi orang kecil, dan itulah kegagalan yang paling buruk dalam hidup. Pemimpin SUKSES tidak membiarkan pikiran mereka terjebak dalam ketakutan yang akhirnya membuat hidup mereka tidak menjadi besar.

Beberapa motivator mungkin pernah menyarankan Anda untuk lebih baik berpikir takut sukses daripada takut gagal. Hari ini saya menyarankan Anda untuk mampu berpikir BESAR.

"Berani SUKSES dan BERANI gagal adalah sifat mental yang membesarkan saya hingga hari ini." Christian Yohanes
7. Keep FOCUS, No Exception (Fokus tanpa pengecualian)

Kebanyak orang tidak memiliki disiplin atau daya tahan untuk tetap fokus melalui gangguan tanpa yang tanpa henti dalam kehidupan modern saat ini. Para pemimpin yang SUKSES memiliki kekuatan tujuan untuk melihat segalanya sampai selesai.

8. Flow in GOD Control (Mengalir dalam Pengendalian TUHAN)

Ketika banyak orang menginginkan kendali atas kehidupannya dan untuk semua yang terjadi dalam kehidupan, pada saat itulah kehidupan seseorang dilanda tekanan dan stress yang berat. Sebenarnya, banyak dari apa yang terjadi dalam pekerjaan, dalam hubungan, serta dalam keseharian kita yang berada di luar kendali kita.  Pemimpin yang SUKSES memahami bahwa apapun yang tidak berada di dalam kendalinya adalah sesuatu yang harus direlakan pergi dan selanjutnya mengikuti arus. Tuhan selalu punya rencana yang indah dibalik semua rencana yang kita buat. Seorang pemimpin yang SUKSES mampu menyerahkan penuh segala perencanaannya ke dalam tangan Tuhan lalu mengalir di dalam anugerah yang masih bisa dinikmati sampai hari ini.


9. Menghargai untuk Dihargai

Disaat banyak orang lebih berharap terhadap pengakuan orang lain atas pencapaian yang dilakukannya, pemimpin yang SUKSES selalu berusaha menghargai orang lain dalam kondisi apapun. Para pemimpin yang hebat biasanya pergi ke arah yang berlawanan, terus mencari peluang baru untuk mengakui orang-orang yang telah melakukan kerja keras. Mereka cenderung lebih senang memberi pengakuan daripada menerimanya.

10. Talk to self before talking Others (Bicara pada diri sendiri sebelum pada Orang)

Daripada bicara "Kamu harus lakukan ini !", para pemimpin SUKSES lebih senang untuk bertanya, "Bagaimana saya harus melakukan ini?", pada dirinya sendiri. Memerintah bukan tujuan dipercayanya seorang pemimpin dan seorang pemimpin tidak hidup untuk memerintah. Para pemimpin yang hebat paham betul tentang hal ini. Karena itu biasanya mereka lebih senang mengendalikan diri sendiri dan pada akhirnya orang-orang di sekitar mereka akan bersedia dengan senang hati berada dalam pengendaliannya.



Demikian 10 Sikap Mental Seorang Pemimpin yang SUKSES yang saya bagikan hari ini. Semoga hal-hal yang jadi pembahasan saya dalam artikel ini dapat lebih mendekatkan Anda pada kesuksesan Anda hari ini.
Salam SUKSES,
Nyatakan KESUKSESAN Anda hari ini ...
Christian Yohanes

Subscribe channel Youtube kita dan temukan Rahasia SUKSES lainnya untuk Anda hari ini...
CYREV-TV








:

       
Posting Komentar

Karya Fotografi

Karya Fotografi
Karya Fotografer Christian Yohanes

Follow by Email