PERNIKAHAN di Mata PRIA IDAMAN

Saat kita berbicara tentang CINTA di usia dewasa pastilah tujuan akhir pelabuhan cinta tersebut menuju kepada sebuah dermaga yang disebut PERNIKAHAN. Apa dan bagaimana sebenarnya pernikahan bisa terjadi? Lalu bagaimana seharusnya seorang PRIA IDAMAN memandang arti dari sebuah pernikahan? Begitulah kira-kira ide pemikiran yang terlintas dalam benak saya hari ini. Karena itu, mari kita bahas lebih mendalam tentang PERNIKAHAN di Mata PRIA IDAMAN guys ...

Selalu ada awal dalam setiap hal, termasuk ketika kita berbicara tentang PERNIKAHAN. Sudah selayaknya kita belajar lebih dalam tentang suatu hal baru bisa menjalani lika-liku proses dalam hal itu sendiri. Menurut saya, PERNIKAHAN adalah suatu momentum yang seharusnya diawali oleh sebuah kebahagiaan, dijalani dalam kebahagiaan yang penuh, lalu berakhir dengan sebuah KESEMPURNAAN. Kebanyakan orang gagal dalam melihat dalam sudut pandang ini. Mereka terkesan hanya tau tentang bagaimana cara menikah namun tidak didasari pengetahuan yang cukup baik untuk menjalani proses selama pernikahan hingga akhir masa kehidupan. Karena itu tidak jarang kita melihat pernikahan yang akhirnya menciptakan luka, pernikahan yang selanjutnya dihiasi dengan kebencian lalu merusak semua aspek kehidupan orang-orang yang menjalani prosesnya. Apa yang sebenarnya terjadi dengan fenomena ini? Bukankah CINTA yang selalu membawa kebahagiaan tersebut seharusnya mewarnai kehidupan PERNIKAHAN yang kita jalani? Mengapa seringkali terjadi hal-hal yang bertolak belakang dari semua yang kita harapkan tentang sebuah pernikahan?

Dalam proses perjalan saya memahami makna tentang PERNIKAHAN hingga melakukan observasi-observasi kecil untuk mengetahui masalah inti yang seringkali terjadi dalam pernikahan, saya menemukan bahwa selalu berpotensi terjadinya kerusakan dalam rumah tangga jika sepasang kekasih yang ingin membangun sebuah pernikahan tidak melakukan persiapan diri untuk masuk ke dalam proses pernikahan itu sendiri.

Faktanya, tidak ada pernikahan yang selalu berjalan mulus dan baik-baik saja dalam proses kehidupan. Namanya juga akan membentuk keluarga yang baru, sudah pasti Anda dan pasangan harus mengenal satu dengan yang lainnya terlebih dulu secara mendalam. Berbagai kebiasaan, sifat buruk, atau bahkan kondisi keuangan sudah harus mulai dibicarakan dari awal fase 'pendekatan'. Hal seperti ini akan membuat Anda dan pasangan menjadi semakin intim, sehingga hubungan akan semakin kuat dan lebih nyaman antara satu dengan yang lainnya. Komunikasi yang baik untuk saling mengenal pasangan lebih dalam menjadi bagian penting yang harus kita persiapkan sebelum melangkah ke jenjang pernikahan idaman yang kita inginkan. Bentuk komunikasi yang santai dan menuju kepada kenyamanan pasangan bisa menjadi pilihan ketika Anda dan pasangan membahas hal-hal yang berkaitan mengenai pernikahan idaman yang Anda inginkan. Gunakan bahasa persuasif yang merangsang alam bawah sadar sang wanita, ijinkan dia bercerita mdan mengungkapkan bentuk pernikahan idaman yang dia inginkan terjadi bersama Anda sepanjang masa kehidupannya.
Disamping itu, ada beberapa hal juga yang perlu kita bicarakan bersama pasangan agar PERNIKAHAN kita bisa benar-benar dihiasi dengan KEBAHAGIAAN yang PENUH. Simak penjelasan saya berikut ini ...

1. KOMITMEN dan TUJUAN PERNIKAHAN

Pernikahan tentu wajib diawali dengan tujuan yang jelas, sehingga sangat tepat bagi Anda untuk membahas pernikahan idaman yang kalian inginkan ini dari awal. Tujuan utama pernikahan harus mengacu kepada hal-hal yang menuju kepada kebahagiaan serta proses persiapan yang mampu kalian padukan dalam sebua komitmen yang utuh untuk mencapai kebahagiaan itu sendiri. Pernikahan yang tidak berlandaskan tujuan yang benar akan selalu berpotensi menimbulkan kerusakan. Tentunya Anda tidak mengidamkan pernikahan yang berbuah luka, rasa sakit dan penderitaan.

Bicarakan hal-hal buruk yang mungkin terjadi dalam bahtera rumah tangga yang akan dijalani bersama pasangan. Tanyakan padanya apa langkah yang mungkin akan dia lakukan ketika hal buruk itu atau badai besar mengganggu kebahagiaan rumah tangga kalian. Pastikan juga bahwa Anda dan pasangan memiliki komitmen yang teguh untuk menjalani kehidupan berumah tangga. Komitmen tersebut yang akan menghadirkan kekuatan kepada kehidupan Anda bersama pasangan saat menghadapi masalah-masalah dalam rumah tangga. Pastikan Anda bersama pasangan memiliki komitmen dan tujuan yang jelas serta sepakat sebelum melangkah ke jenjang pernikahan yang sesungguhnya.


2. Cara BERKOMUNIKASI

Komunikasi menjadi sebuah hal penting dalam sebuah hubungan yang harmonis, apalagi jika kita membicarakan tentang pernikahan idaman. Sebagian besar kerusakan dalam rumah tangga dipicu oleh bentuk komunikasi yang kurang baik antara Anda bersama pasangan. Bicara tentang cara berkomunikasi seorang pria dan wanita sama seperti kita membahas perbedaan antara mars dan jupiter. Meskipun tergolong serupa namun bentuk komunikasi yang timbul antara pria dan wanita faktanya tidaklah sama.

Seorang Pria Idaman harus mampu memahami bentuk komunikasi yang tepat saat bersama pasangan. Dengan komunikasi yang seirama dan dalam birama yang senada, komitmen dalam menempuh tujuan Anda bersama pasangan akan lebih mudah direalisasikan atau diwujudkan. Karena itu, sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk memahami pola/cara berkomunikasi yang sepadan dan sepaham untuk membangun pernikahan idaman yang kita inginkan. Terbukalah dengan pasangan sejak awal masa pendekatan hingga masa-masa bersama yang kalian lalui bersama. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan. Tanpa sadar mungkin Anda adalah seorang yang seringkali berkomunikasi dengan cara keras dan kasar sepanjang kehidupan sosial Anda. Perbaiki karakter Anda dan bentuklah sebuah pola/cara komunikasi yang lebih persuasif dan lebih sepadan dengan pasangan Anda. Karena pada dasarnya, komunikasi adalah poin penting untuk membangun pernikahan idaman yang kita inginkan.


3. Ego Control / Pengendalian EGO

Setiap orang tentu akan memiliki berbagai hal yang menjadi prioritas pribadi mereka masing-masing di dalam kehidupannya. Sekalipun mereka telah memutuskan untuk melangkah bersama dalam sebuah pernikahan idaman yang saling diinginkan bersama. Sebab bagaimanapun juga Anda dan pasangan akan selalu memiliki kehidupan pribadi masing-masing termasuk dengan segala prioritas di dalamnya. Mungkin saja berbagai prioritas inipun masih tetap ingin dijalankan meski sudah melangkah ke dalam rumah tangga yang kalian idamkan. Akan tetapi seringkali justru prioritas masing-masing ini yang menjadi masalah baru bagi keharmonisan rumah tangga Anda bersama pasangan, lalu selanjutnya Anda gagal dalam membangun pernikahan idaman yang penuh kebahagiaan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Lalu bagaimana mengatasinya?

Satu-satunya cara yang bijak dalam membicarakan prioritas pribadi yang dapat dijalankan dengan norma atau aturan-aturan baru dalam pernikahan idaman yang Anda bangun bersama pasangan adalah dengan mengendalikan EGO masing-masing. Seringkali ego kita menjadi musuh terbesar kita saat sedang menjalin suatu hubungan. Ego memaksa kita untuk selalu menjadi prioritas tanpa perduli dengan prioritas orang lain. Ego pula lah yang akhirnya menghancurkan komitmen dan tujuan pernikahan yang semula telah Anda komunikasikan bersama pasangan. Perlu kedewasaan di tengah-tengah Anda dan pasangan untuk bisa mengendalikan ego pribadi tentang prioritas pribadi yang wajib diutamakan lalu selanjutnya berubah menjadi kepentingan bersama yang dapat ditoleransi kedua belah pihak.

Perlu disadari bahwa dalam pernikahan idaman yang terpenting bukanlah lagi prioritas Anda ataupun prioritas pasangan Anda. Satu poin yang wajib diprioritaskan dalam pernikahan idaman adalah KEBAHAGIAAN PENUH antara Anda dan pasangan. Dengan berfokus kepada kebahagiaan rumah tangga, saya yakin pernikahan idaman Anda akan tercapai sebagaimana yang Anda inginkan dari awalnya.


4. Kondisi  FINANSIAL dan Cara Mengelola Keuangan


Keuangan menjadi hal penting selanjutnya yang perlu kita bahas dalam upaya membangun pernikahan idaman yang membahagiakan. Ya benar, uang memang bukan segalanya, namun buka mata Anda bahwa fakta berbicara Anda butuh kekuatan finansial dan wajib memahami cara mengelola keuangan bersama pasangan untuk memperkuat rumah tangga yang Anda jalani bersama pasangan. Ingat, PERNIKAHAN IDAMAN harus menuju kepada KEBAHAGIAAN bukan penderitaan.

Ada banyak cara yang dapat dibahas bersama pasangan mengenai kondisi finansial dan cara mengelola keuangan yang baik dan benar dalam pernikahan idaman. Salah satu cara yang bisa Anda tempuh untuk menjaga stabilitas keuangan Anda bersama pasangan adalah dengan menyusun anggaran lalu menabung bersama pasangan untuk memenuhi tujuan yang kalian sepakati bersama.

Hal ini tentu harus diawali dengan keterbukaan mengenai kondisi keuangan Anda dan pasangan sebelum melangkah ke jenjang pernikahan idaman yang lebih serius. Sebelum memutuskan untuk menikah, Anda dan pasangan harus saling mengukur kondisi finansial masing-masing dan mengetahui bagaimana cara masing-masing dalam mengelola keuangan. Anda dan pasangan juga wajib membahas mengenai sistem pengelolaan keuangan yang akan diterapkan dalam pernikahan idaman Anda bersama pasangan. Kebanyakan orang gagal dalam membentuk gambaran keuangan rumah tangga mereka lalu memutuskan melangkah ke dalam pernikahan dengan mengambil resiko yang terlalu besar terhadap keberlangsungan pernikahan mereka ke depannya. Jika sampai begitu, habislah impian Anda dan pasangan dalam membangun pernikahan idaman yang kalian inginkan. Kesalahan dalam pengelolaan keuangan rumah tangga bisa menjadi pemicu awal untuk meruntuhkan bangunan pernikahan idaman Anda.


5. Target KEUANGAN PERNIKAHAN IDAMAN

Target Keuangan dalam sebuah rumah tangga memang menjadi hal penting untuk kita perhatikan setelah Anda dan pasangan telah saling mengenal kondisi finansial dan cara pengelolaan keuangan masing-masing. Akan tetapi Anda tidak perlu memikirkan hal ini terlalu jauh dan keluar dari realitas kehidupan Anda. Setidaknya, Anda perlu menentukan target keuangan sepanjang 3 sampai 5 tahun ke depan. Hal ini akan membantu Anda dan pasangan untuk menciptakan sebuah gambaran keuangan yang lebih jelas dalam pernikahan idaman kalian di masa yang akan datang. Target keuangan yang tercapai selanjutnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga serta dapat dimanfaatkan untuk lebih membangun keharmonisan antara Anda dan pasangan.

Sebagian orang beranggapan bahwa membicarakan tentang keuangan kepada pasangan sebelum menikah adalah tindakan yang terlalu cepat dan mengambang. Saya melihat bagian ini justru PENTING untuk dibicarakan sebelum Anda memutuskan untuk hidup dalam sebuah bangunan yang disebut sebagai pernikahan. Ingat, sudut pandang PERNIKAHAN IDAMAN adalah KEBAHAGIAAN bukan penderitaan !

Menyusun keuangan dan menentukan target keuangan untuk mendanai rumah tangga yang kita bangun adalah tanda bahwa kita benar-benar menghargai pernikahan idaman yang kita lakukan bersama pasangan. Bila sejak awal Anda sudah membahas rencana target keuangan pernikahan ini bersama pasangan, percayalah bahwa ke depannya Anda pasti mampu mengendalikan dengan baik semua masalah dalam rumah tangga Anda bersama pasangan. Uang memang bukan solusi utama sebuah permasalahan namun permasalahan yang dihadapi tanpa kekuatan finansial akan terasa semakin berat untuk dilalui.

6. Kehidupan KELUARGA BESAR

Menikah tentu akan mempersatukan Anda dan pasangan juga termasuk keluarga besar masing-masing dari kalian. Hubungan ini akan semakin kuat jika Anda dan pasangan sejak awal sudah saling mengenal karakter dan pola hidup sosial di dalam keluarga besar pasangan dan sebaliknya. Tidak perlu menargetkan ekspektasi atau harapan yang terlalu besar dalam hal ini. Anda hanya perlu mengenal pola interaksi sosial, budaya, kepercayaan/keyakinan yang sejak awal sudah terbentuk dalam populasi keluarga besar pasangan Anda. Dengan mengenal lebih intim tentang keluarga besar pasangan, saya yakin selanjutnya Anda akan mampu belajar memahami satu dengan yang lainnya terutama saat berbaur dalam interaksi keluarga besar dan membuat tujuan pernikahan idaman Anda tercapai. KEBAHAGIAAN Anda bersama pasangan dalam pernikahan idaman harus mampu membahagiakan keluarga besar kalian. Itu yang menjadi ukuran seberapa sukses Anda membangun pernikahan idaman bersama pasangan.

Semua yang kita bicarakan barusan juga berlaku dalam memahami interaksi sosial dan lingkup pergaulan pasangan Anda. Kenali orang-orang yang ada dalam lingkaran sosial kehidupan pasangan Anda, lalu selanjutnya berbaurlah pelajari pola komukasi dan interaksi yang cocok untuk Anda terapkan di sana.


7. Pembagian Tugas Rumah Tangga

Bukan hanya isteri saja, namu suami pun harus bertanggungjawab atas tugas-tugas yang harus dilaksanakan dalam rumah tangga. Ada banyak tugas yang wajib dikerjakan dengan tulus hati dan tanggungjawab penuh oleh Anda bersama pasangan. Dalam hal ini perlu adanya kerjasama untuk menghindari masalah-masalah yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Anda harus memahami terlebih dulu posisi Anda sebagai seorang laki-laki yang diberikan kekuatan lebih untuk mengerjakan hal-hal fisik lalu selanjutnya menuntun pasangan Anda untuk melakukan tugas-tugas yang sesuai untuk dilakukannya dalam rumah tangga. Jika poin-poin yang sudah kita bicarakan dan kita bahas seputar pernikahan idaman di atas telah Anda terapkan dengan baik, saya pikir poin terakhir ini akan jauh lebih mudah untuk Anda lakukan bersama pasangan dan tujuan dari PERNIKAHAN IDAMAN yang kita harapkan bisa tercapai untuk dinikmati dalam kehidupan.


Besar harapan saya untuk Anda dapat membangun kualitas hidup terlebih dahulu sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. PRIA IDAMAN akan selalu mampu membangun PERNIKAHAN IDAMAN dan bertahan dalam karakter positif di setiap keadaan.

Salam SUKSES,
Christian Yohanes Revolusioner

========================================================================

KLIK untuk melihat kisah pernikahan yang miris, seorang wanita yang saya ajak kenalan di sebuah lokasi ... 


========================================================================
 Pernikahan Terpaksa







:

       

Tidak ada komentar:

Karya Fotografi

Karya Fotografi
Karya Fotografer Christian Yohanes

Follow by Email